Memiliki mobil Toyota sebagai kendaraan pribadi memanglah menyenangkan. Namun, di sisi lain para pemilik juga harus mau menerima konsekuensinya, yakni melakukan perawatan dengan baik. Perawatan ini bisa berupa melakukan service Toyota secara rutin, mengganti oli, atau segera melakukan reparasi ketika ada komponen yang bermasalah. Jika salah satu saja Anda lewatkan, maka siap-siaplah untuk mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Yang menjadi persoalan adalah meskipun saat ini banyak sekali bengkel mobil yang bisa ditemui, tidak sedikit yang kurang kualitasnya. Akibatnya, mobil yang diservis tidak bisa tampil maksimal. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih bengkel Toyota yang tepat. Dengan begitu, performa mobil Anda bisa terjaga dengan baik.

Mengingat saat ini sedang dalam kondisi pandemi, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal tambahan berkaitan dengan protokol kesehatan. Karena selain mobil yang sehat, tubuh Anda pun juga memiliki hak untuk tetap sehat dan aman.

Tips Memilih Bengkel Mobil Toyota di Saat Pandemi

  1. Menerapkan protokol kesehatan

Pandemi belum berakhir. Sayangnya masih tidak sedikit bengkel yang mengabaikan protokol kesehatan. Sebisa mungkin hindari bengkel yang demikian. Beberapa contoh bengkel yang menerapkan protokol kesehatan adalah terdapat tempat cuci tangan dan sabun, terdapat jarak khusus di tempat pembayaran, dan pegawai non mekanik yang memakai masker. Hal ini sangat penting supaya Anda tidak berpotensi terpapar virus.

  1. Mekanik yang profesional

Tujuan Anda membawa mobil ke bengkel tentu saja ingin memperbaiki performa mobil menjadi lebih baik bukan? Oleh karena itu, jangan sampai harapan tersebut tidak terwujud karena mekanik di bengkel tersebut yang kurang profesional. Sebagai konsumen, Anda memiliki hak untuk mengetahui tentang kualitas mekanik di tempat tersebut. Selain terhindar dari kesalahan, mekanik profesional juga akan lebih cepat menangani mobil Anda.

  1. Memiliki suku cadang lengkap

Ketika melakukan servis, mungkin ada beberapa komponen mobil yang harus segera diganti agar tidak memperburuk keadaan mesin. Di bengkel yang kurang baik biasanya tidak memiliki suku cadang yang lengkap dan harus mencari ke toko spare part. Meski tidak terlihat, hal ini rupanya bisa membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Cobalah untuk mencari bengkel yang memiliki suku cadang yang lengkap sehingga ketika ada komponen yang harus diganti bisa dilakukan saat itu juga. Yang jelas, pastikan suku cadang yang disediakan adalah suku cadang asli. Meskipun harga suku cadang yang asli dan KW cukup jauh, namun percayalah bahwa kualitasnya pun juga jauh.

  1. Proses tidak ribet

Membawa mobil ke bengkel tidak selalu dalam keadaan yang santai. Di beberapa momen, bisa jadi Anda sedang terburu-buru namun juga harus membawa mobil ke bengkel karena ada masalah. Di sinilah faktor proses di bengkel cukup berpengaruh. Pilihlah bengkel yang buka 24 jam dan tetap buka di hari libur. Selain itu, hindari bengkel yang terlalu ribet dalam melakukan penanganan karena itu akan menyita banyak waktu Anda.

  1. Memiliki reputasi yang baik

Setiap daerah pasti terdapat bengkel yang paling direkomendasikan oleh banyak orang. Itulah salah satu tanda bahwa bengkel tersebut memiliki reputasi yang baik. Jika memungkinkan, bawa mobil Anda ke bengkel tersebut karena sudah teruji kualitasnya. Namun, apabila Anda masih belum cukup mengetahui hal tersebut, Anda bisa bertanya kepada tetangga atau kerabat yang pernah melakukan servis mobil di bengkel.

  1. Harga yang bersahabat

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang tidak ingin terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk melakukan servis mobil. Oleh karena itu, hal ini juga harus diperhatikan meskipun tidak terlalu diprioritaskan. Jika tidak bisa mensiasati hal ini, Anda bisa rutin menabung khusus untuk keperluan mobil setiap bulan. Dengan begitu, ketika tiba saatnya mobil Anda harus ke bengkel, Anda memiliki cadangan budget yang cukup membantu.

Tips-tips di atas memang mengharuskan Anda untuk pergi ke bengkel langsung untuk melakukan penanganan. Kabar baiknya, saat ini sudah ada layanan Toyota home servis di mana Anda bisa mendapatkan layanan servis di rumah saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa pergi ke bengkel di saat mobil harus melakukan perbaikan.

6 Cara Memilih Bengkel Mobil Toyota yang Tepat di Masa Pandemi

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *