Bayi yang belum memasuki usia 1 tahun seharusnya menerima ASI sebagai sumber gizi utama. Namun dalam kondisi tertentu, bayi mungkin tidak dapat menerima ASI dan perlu diberikan susu formula. Program promo Bebelac dari marketplace bisa dimanfaatkan oleh para orangtua yang bayinya perlu segera mengonsumsi susu formula.

Aturan Minum Susu Formula

Jika memang ingin memberikan susu formula kepada bayi, maka harus dilakukan dengan aturan yang tepat. Pemberian susu formula tidak boleh dilakukan sembarangan demi menjaga tubuh si kecil tetap sehat. Berikut adalah aturan aman konsumsi susu formula yang sebaiknya diikuti orang tua:

  • Konsultasikan Dulu

Aturan pertama yang harus dipatuhi adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan. Pemberian susu formula, khususnya bagi anak kurang dari 1 tahun harus mendapat rekomendasi. Konsultasikan terlebih dahulu apakah memang susu formula ini menjadi jalan terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil atau tidak.

  • Pilih Jenis Protein yang Tepat

Produk susu formula memiliki jenis protein yang bervariasi. Perhatikan lagi jenis protein dari produk susu yang akan diminum oleh bayi. Saat berkonsultasi, sebaiknya tanyakan juga pada tenaga kesehatan mengenai kemungkinan alergi pada bayi. Anda bisa memanfaatkan program promo Bebelac untuk membeli produk susu dengan protein sapi maupun kedelai. 

  • Pahami Aturan Dosisnya

Selanjutnya, pastikan untuk memahami aturan dosis yang aman diberikan kepada bayi. Untuk bayi newborn, kebutuhan susu bisa sebanyak 45-90 ml setiap 2 hingga 3 jam. Sementara itu bayi berusia 2 bulan bisa 120-150 ml setiap 3-4 jam. Dosis ini bisa terus bertambah sesuai dengan usia bayi. Dosis susu juga bisa disesuaikan dengan berat badan si kecil. 

  • Pahami Cara Penyajiannya

Anda juga harus memahami seperti apa cara penyajian susu formula yang tepat. Cara penyajian ini akan berpengaruh pada aman atau tidaknya susu tersebut untuk dikonsumsi oleh sang buah hati. Baca kembali aturan penyajian dan ikuti aturan tersebut dengan baik. Jika Anda mengikuti aturan pembuatannya maka kandungan gizi yang ada dalam susu juga bisa sempurna, tidak berkurang.

  • Selalu Jaga Kebersihan

Pastikan untuk menjaga kebersihan semua alat yang dipakai untuk minum susu. Anda bisa menggunakan alat sterilisasi atau melakukan sterilisasi manual memakai air mendidih. Selain itu, pastikan kedua tangan dalam kondisi bersih setiap kali akan membuatkan susu untuk buah hati. Apalagi jika usia bayi masih sangat kecil dimana ia sangat rentan terhadap infeksi bakteri. 

 

Itulah tadi beberapa aturan penting yang harus dipahami jika akan memberikan susu formula kepada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun. Anda bisa mendapatkan produk susu pilihan dengan kandungan gizi lengkap melalui toko online perlengkapan bayi. Dapatkan penawaran promo menarik untuk lebih berhemat saat belanja kebutuhan si kecil. 

 

Ini Aturan Aman Konsumsi Susu Formula pada Bayi Kurang dari 1 Tahun

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *